POLRES BANGGAI

Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Monitoring Wilayah Binaan

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Aipda Herman Z sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk melakukan pengecekan lahan yang berpotensi rawan kebakaran di wilayah Desa Salodik Kecamatan Luwuk Utara dan Desa Poh Kecamatan Pagimana.

Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kegiatan ini dilakukan bersama masyarakat sekitar pada Sabtu, (30/9/2023).

Bhabinkamtibmas bersama-sama warga melakukan patroli di sejumlah lahan yang berpotensi menjadi titik api. Mereka memastikan bahwa lahan tersebut tidak ada aktivitas yang dapat menyebabkan kebakaran, seperti pembakaran sampah atau pembakaran lahan untuk perkebunan.

Selain itu, ia juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya karhutla dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Upaya untuk mencegah terjadinya karhutla dengan melakukan patroli rutin di sekitar wilayah binaan. Kami juga sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla dan pentingnya menjaga lingkungan agar terhindar dari kebakaran,” ujarnya.

Selain itu, Aipda Herman juga menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan jika menemukan adanya aktivitas yang mencurigakan atau potensi terjadinya karhutla.

Ia menekankan bahwa pencegahan karhutla adalah tanggung jawab bersama dan membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh warga.

“Kami mengajak masyarakat untuk saling bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah terjadinya karhutla. Jika menemukan adanya potensi karhutla, segera laporkan agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat,” tambahnya.*Humas Polres Banggai