POLRES TOUNA

Kapolsek Wakep Hadiri Kegiatan Gerakan Posyandu Aktif Terintegrasi

Touna – Kapolsek Walea Kepulauan (Wakep) Iptu Djabalnur Djali menghadiri kegiatan kegiatan Gerakan Posyandu Aktif Terintegrasi di Pelabuhan Desa Popolii  Kecamatan Wakep, Kabupaten Touna, Kamis (02/10/23).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Touna ini mengambil tema “Ayo cegah Stunting dengan Aktif ke Posyandu setiap Bulan”.

Hadir dalam kegiatan Ini, Sekda Touna, Dr. Sovianur Kure, SE, M.Si, Kepala DKPPKB Touna, Dra. Javanet Alfari, MAP, Kepala SP3A Touna, Ir. Dalfia, MM, Kepala Dukcapil Touna, Suriyani H. Talono, A.Pi, MAP, Kaban Kesbangpol Touna, Herlina Leonita Sandewa, SH, MH, Sekretaris Bapperida Amin Bustamin Touna, ST,MM, Sekretaris DKPPKB Touna, Ishak W. Kanali, SKM, MM, Kasi Pemerintahan Kecamatan Wakep, Ma’mun Hamzah, SE, Kepala Puskesmas Popolii dan Kepala Puskesmas Dolong, Ibu PKK se-kecamatan Wakep, tokoh  Masyarakat, tokoh perempuan dan masyarakat.

Dalam laporannya, Kepala DKPPKB Touna, Javanet Alfari menyampaikan hasil kegiatan yang telah terlaksanakan yang kedepan sesuai target pemerintah Pusat di tahun 2024 nilai Stunting harus dibawah 14 persen.

“Dan untuk Kabupaten Touna siap mewujudkan target pemerintah Pusat dengan mengupayakan bisa dibawah 14 persen angka Stunting di Kabupaten Touna Touna,” ucap Javanet Alfari.

Sementara itu, Sekda Touna, Sovianur Kure saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan Gerakan Posyandu ini di adakan untuk memonitoring dan memastikan keaktifan Peserta  maupun Petugas Posyandu.

Kami menghimbau masyarakat agar rutin ikut serta memeriksakan diri setiap bulannya di Posyandu. Posyandu untuk peningkatan kesehatan, sehingga warga masyarakat bisa sehat,lebih kuat ,dan produktif dan pelayanannya gratis,” ucap Sekda Touna.

Sekda juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintahan Kecamatan Wakep, yang hingga saat ini bisa mencapai penurunan Stunting hingga 14 persen ,dimana di bulan Agustus 2022 mencapai 31,58 persen dan sampai dengan bulan Agustus 2023 turun menjadi 14 persen.

“Alhamdulillah ditahun ini Pemerintah Kabupaten Touna mendapat penambahan dana intensif  dari Pemerintah Pusat sehubungan penanganan Stunting ini,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan hadiah  kepada Kader Kesehatan  kecamatan Wakep yang di nyatakan terbaik, lomba Menu Gizi seimbang, yang diberikan langsung oleh Kepala DKPPKB Touna.(Humas)