GeneralLatestNewsPOLRES TOUNA

Pasca Perhitungan Suara Pemilu di Touna, Seluruh Petugas PAM TPS Kawal Kotak Suara Dari PPS Ke PPK

TOUNA – Pasca Perhitungan Suara Pemilu tahun 2024 di TPS di wilayah Kabupaten Touna, Panitia Pemungutan Suara (PPS) mulai melakukan Pengiriman kotak suara Pemilu ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kamis (15/2/2024) sore.

Pengiriman kotak suara dari PPS ke PPK dilakukan pengawalan ketat Personil Polri yang melaksanakan PAM TPS Pemilu 2024 demi memastikan keamanan saat dalam perjalanan.

Kabag Ops Polres Touna Kompol Mulyadi mengatakan, untuk TPS yang telah selesai penghitungan suara, seluruh logistik termasuk kotak dan surat suara akan digeser ke tingkat PPS untuk kemudian disimpan dan diamankan di gudang PPK.

“Proses pengamanan dan pengawalan sama seperti pergeseran logistik sebelum hari pemungutan suara,” kata Kompol Mulyadi selaku Karendalops dalam Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024.

Menurut Mulyadi, dari tingkat PPS ke PPK, pengamanan dan pengawalan dilakukan oleh Personil Polri yang ditugaskan sebagai petugas pengamanan TPS dibantu TNI dan Linmas. Setelah lengkap di tingkat PPS, logistik digeser ke gudang PPK. Pengamanan dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan unsur tiga pilar dibantu oleh Polsek dan Koramil.

“Kita pastikan logistik Pemilu hasil pemungutan dan penghitungan suara ini benar-benar aman dan lengkap untuk nantinya di laksanakan rekapitulasi penghitungan suara tingkat PPK dan KPU,” ungkapnya.

“Dari laporan yang masuk, Alhamdulillah, pergeseran baik dari TPS ke PPS maupun dari PPS ke PPK sampai saat ini aman, lancar dan kondusif. Kita harapkan situasi ini dapat terus terjaga dan tahapan Pemilu 2024 hingga selesai nanti lancar tanpa kendala,” pungkasnya (Humas Polres Touna)