BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kunjungi Polres Donggala, Kapolda Sulteng : Ketenganan Hati dan Ketentraman Jiwa Itu Lebih Berharga daripada Pangkat dan Harta Kekayaan

Donggala, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi mengunjungi Polres Donggala, Jum’at (18/11/2022) pagi.

Dalam kunjungannya di Polres Donggala, Kapolda Sulteng didampingi Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM), Kombes Pol Yudi Kurniawan S.IK., M.Si, Kepala Bidang (Kabid) Hukum (Kum), Kombes Pol Saptono S.I.K., M.H, dan Kepala Bidang (Kabid) Propam, Kombes Pol Ian Rizkian Milyardin, S.I.K.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Sulteng berkesempatan menyidak fasilitas pelayanan publik yang ada di Polres Donggala seperti ruang Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi) SIM, ruang pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan ruang pelayanan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Kapolda Sulteng juga mengecek Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan, mulai dari pendaftaran, validasi, pembayaran, ruang foto, ujian SIM, hingga pencetakan SIM.

Usai melakukan sidak, Kapolda Sulteng memberikan pengarahan kepada para Pejabat Utama (PJU) dan personil Polres Donggala di aula Endra Dharmalaksana.

Dalam arahannya, Kapolda Sulteng memaparkan 10 program Quick Wins Presisi untuk dapat dipedomani oleh seluruh para personel Polres Donggala.

Adapun 10 program Quick Wins Presisi itu diantaranya meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui media sosial, optimalisasi pelayanan publik, pengembangan SDM unggul, perbaikan interaksi Polisi dengan masyarakat dijalan atau di area publik, optimalisasi pemolisian masyarakat, penguatan kerja sama dengan pihak eksternal.

Kemudian, penerapan budaya integritas dan anti korupsi, respon problem akut, digitalisasi penegakkan hukum lalulintas dan mendukung program pemulihan ekonomi nasional.

Kapolda Sulteng juga mengharapkan kepada personelnya untuk menghindari berbagai macam pelanggaran dan tetap bisa menjaga situasi yang ada saat ini.

“Tidak menambahi masalah-masalah seperti apa yang kita ketahui bersama saat ini terhadap institusi Polri,” ucapnya.

Masih kata Kapolda, dirinya berpesan kepada para personel agar tetap bersyukur apa yang sudah di miliki saat ini dan menghindari gaya hidup hedon.

“Tetap tingkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT, lakukan tugas Kepolisian dengan ikhlas dan jangan arogan menjadi Polisi karena kita bukan siapa-siapa, semoga apa yang kita kerjakan menjadi amal dan ibadah bersama,” terangnya.

Diakhir arahan Kapolda Sulteng menyampaikan kata bijak untuk memotivasi para personel Polres Donggala agar menjalankan tugasnya didasari dengan hati yang tulus dan ikhlas.

“Ketenganan Hati dan Ketentraman Jiwa Itu Lebih Berharga daripada Pangkat dan Harta Kekayaan,” pungkasnya.(fn)