POLRES BANGGAI

Salut, Bhabinkamtibmas Polsek Bunta Bripka Nyoman Sudiana Bangun Rumah Ibadah

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Aksi sosial yang dilakukan seorang anggota Polri yang bertugas di Polsek Bunta Polres Banggai pantut diacungi jempol.

Pasalnya, di sela-sela kesibukannya sebagai Bhabinkamtibmas di Kecamatan Simpang Raya, dirinya meluangkan waktunya membangun rumah ibadah.

Anggota Polri ini adalah Bripka Nyoman Sudiana, Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Rantau Jaya, Kecamatan Simpang Raya, Kabupaten Banggai.

Kapolsek Bunta AKP Syukri Larau SH, mengungkapkan, Bripka Nyoman Sudiana membangun rumah ibadah Pura umum pura dalem ganda mayu umat Hindu di Desa Rantau Jaya.

“Pembangunan pura tersebut dimulai pada bulan Juli 2022 yang dipelopori oleh Bripka Nyoman Sudiana yang sekaligus sebagai pemangku pura,” ungkap Syukri Larau SH, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Jumat (18/11/2022) pagi.

Ia menjelaskan, Pura ini pertama kali dibangun pada tahun 1994.

Namun karena beberapa alasan sampai dengan sekarang belum pernah direhab.

“Jika musim hujan pura tersebut tergenang air sehingga mengganggu kegiatan ibadah,” jelasnya.

Olehnya itu, kata Syukri Larau, demi kenyamanan beribadah umat Hindu di Desa Rantau Jaya, Bripka Nyoman Sudiana berkeinginan merehab pura tersebut namun karena terkendala biaya rencana tersebut batal.

“Dan setelah dipilihnya Bhabinkamtibmas Bripka Nyoman Sudiana sebagai pemangku maka rencana tersebut dilanjutkan kembali secara bertahap,” kata mantan Kapolsek Pagimana ini.

Syukri menjelaskan, berkat kerja sama dan usaha panitia pembangunan, pemangku dan semua umat maka dana pembangunan pura dapat terkumpul lewat para donator dan dari kementerian agama.

“Bahkan Bripka Nyoman Sudiana menyisihkan gajinya untuk kelancaran penbangunan rumah ibadah ini,” jelasnya.

Saat ini, tambah Kapolsek, progres pembangunan Pura telah mencapai 40 persen dan selanjutnya masih menunggu donatur masuk.

“Semoga upaya dan niat baik Bripka Nyoman Sudiana membangun rumah ibadah ini bernilai ibadah, dan tentunya dapat mengangkat citra Polri kepada masyarakat,” harapnya.*Humas Polres Banggai