POLRES TOUNA

Patroli Gabungan Polsek Ampana Kota Bersama Koramil dan Syahbandar Periksa Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Kapal di Pelabuhan

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Personil Polsek Ampana Kota bersama Personil Koramil 1307-05 Ratolindo dan Petugas Syahbandar Ampana melaksanakan patroli gabungan pemeriksaan keamanan dan keselamatan pelayaran kapal-kapal penumpang tradisional di Pelabuhan Desa Labuan Kecamatan Ratolindo Kabupaten Touna, Senin (05/12/2022).

Patroli gabungan yang di pimpin langsung oleh Kapolsek Ampana Kota AKP Jimyarto Anasim, S.H bersama Wakapolsek Ipda Riono tersebut dalam rangka pengawasan pelayaran Kapal penumpang yang hendak menyebrang ke Kepulauan dari pelabuhan di Ampana menggunakan Kapal-Kapal penumpang tradisional.

“Pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran harus dilakukan secara ketat seperti awak kapal dan penumpang wajib memakai life jacket, serta kapal harus dilengkapi dengan alat keselamatan,” kata Kapolsek Ampana Kota AKP Jimyarto.

Menurut Kapolsek, kegiatan pengamanan dalam rangka antisipasi gangguan Kamtibmas jelang Natal dan Tahun Baru.

“Kegiatan pengamanan meliputi pemeriksaan di pintu masuk, patroli di atas kapal, serta pemeriksaan saat aktivitas bongkar muat kapal,” tutunya.

Kapolsek menambahkan dalam kegiatan tersebut dilakukan dengan preemtif, preventif, serta refresif atau penegakan hukum apabila ditemukan pelanggaran hukum selama pemeriksaan barang milik penumpang.

“Petugas juga melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan, serta barang bawaan maupun muatan kendaraan, antisipasi keluar masuknya barang berbahaya dan terlarang,” tambahnya.

Lanjut kata Kapolsek, jadi pengawasan ini bertujuan untuk meminimalisir resiko kecelakaan pelayaran yang mana akhir Tahun Kondisi Cuaca tidak menentu dan merupakan wujud pelayanan Prima Kepolisian.

“Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar serta dalam Patroli ini, petugas gabungan tidak menemukan barang berbahaya dan terlarang,” tutupnya.*Humas*