BID HUMASPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Hadiri Dialog Publik di Kampus Unismuh Luwuk, Ini Yang Disampaikan Kabag Ops Polres Banggai

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kabag Ops Polres Banggai menghadiri Dialog Publik di pelataran Kampus Unismuh Luwuk Banggai, Senin (13/3/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Banggai ini dibuka langsung Rektor Unismuh Luwuk Banggai Dr Sutrisno K Djawa.

Dalam sambutannya, Laata mengungkapkan, bahwa Polri telah bekerja sama dengan pihak KPU dan Bawaslu terkait penyelenggaran Pemilu mendatang.

“Dan kami dari Kepolisian RI sudah siap mengamankan pesta demokrasi mendatang,” ungkapnya.

Ia pun memaparkan tentang penegakan hukum yang berbeda antara tindak pidana biasa dan tindak pidana pemilu.

“Untuk tindak pidana Pemilu waktunya tidak lama, punya batas waktu,” terangnya.

Untuk itu, perwira pangkat tiga balak ini menjelaskan, laporan tindak pidana Pemilu harus segera dilaporkan agar tidak kadaluarsa sebab penanganannya hanya 14 hari, penuntutan 5 hari, dan putusan 1×24 jam.

“Sangat singkat, jadi jika terdapat pelanggaran segera dilaporkan dan nanti akan dianalisis oleh tim yang terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu,” jelasnya.

Laata menambahkan, bahwa dalam mendukung pengamanan setiap tahapan pesta demokrasi mendatang, Polres Banggai sudah mendapatkan dukungan anggaran dari mabes Polri untuk tahun 2023 terkait dengan penyelenggaraan pemilu.

“Dan Polres Banggai siap mensukseskan dan mengamankan Pemilu nanti,” pungkasnya.*Humas Polres Banggai