POLRES TOUNA

Kabag Ops Polres Touna Hadiri Rapat Bersama Forkopimda Touna Bahas Kelangkaan Bahan Pokok, BBM dan LPG

Touna.Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolres Touna yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol  Mulyadi menghadiri rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Touna membahas kelangkaan Bahan Pokok, BBM dan LPG menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 H / 2023 M bertempat di ruang Rapat Kantor Bupati Touna,  Selasa (21/03/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan Forkopimda ini, Bupati Touna, Mohammad Lahay, SE, MM, Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu, SH, Wakil ketua I DPRD Touna, Gusnar A Sulaiman, SE, MM, Pabung Touna, Mayor Inf Azrar Zees, Kasi PB3R Kejari Touna, Didin M. Radjak, Para Asisten, KA PLN ULP Ampana Erdi Dwi Cahyo dan Kepala OPD terkait.

Mengawali kegiatan, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Touna, Moh. Isa Ashar Latimumu, SH menyampaikan bahwa terjadinya keterlambatan Bahan Pokok terkait kelangkaan di Kabupaten Touna, namun keterlambatan tersebut sudah kami tangani menjelang Bulan Suci Ramadhan.

“Selain itu, kami dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM sudah melaksanakan MOU dengan Bulog Poso untuk mengatasi Kelangkaan Bahan Pokok pada saat bulan Suci Ramadhan,” ucapnya.

Dia berharap Pemda Kabupaten Touna kiranya menambahkan Kuota BBM di Kabupaten Touna agar tidak terjadi kelangkaan.

Menanggapi hal itu, Asisten II Nawatsarah Panjili menyampaikan bahwa kita akan melaksanakan MOU diluar dari Bulog seperti Distributor khususnya Bahan Pokok di wilayah Sulteng untuk meminimalisir Distribusi bahan bakar Minyak ke Kabupaten Touna.

“Apabila kita hanya mengharapkan dari Bulog untuk kebutuhan di Kabupaten Touna maka tidak mencukupi,” jelasnya.

“Sementara untuk terjadi kelangkaan Tabung Gas LPG 3 kg dan terjadi kenaikan HET di beberapa Pangkalan di Kabupaten Touna,” ungkap Nawat.

Asisten I Alfian Matajeng S.Pd M.Ap menanggapi hal tersebut menyebutkan bahwa terjadi kendala terkait pendisbusian Tabung Gas LPG 3 kg subsidi ke Wilayah Kepulauan Kabupaten Touna dikarenakan Kos/Biaya Tambahan ke wilayah tersebut.

“Terkait BBM di SPBU Kabupaten Touna terjadi kelangkaan namun terdapat banyak rekomendasi BBM untuk kebutuhan Masyarakat dan Kapal di Kabupaten Touna,” sebutnya.

Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu menyampaikan dalam hal ini kita akan kaji bersama terkait Kelangkaan BBM dan Kelangkaan maupun Kenaikan Harga HET LPG di wilayah Kabupaten Touna.

“Tentunya dari hasil rapat ini, maka kita akan bersama-sama menyikapi, mengawasi dan melaksanakan penindakan terkait Kelangkaan Bahan Pokok, BBM dan LPG, ” kata Wabup.

“Untuk pedagang ikan yang tidak teratur khusus untuk bulan Suci Ramadhan Dinas Pol PP agar membijaksanai pedagang tersebut, namun memberikan himbauan tentang kebersihannya,” ujar Wakil Bupati.*Humas*