BID HUMASSATKER

“Pemilu 2024” Polres Banggai Meminta Semua Pihak Menjaga Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Banggai, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepolisian Resor (Polres) Banggai, Sulawesi Tengah meminta semua pihak menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) guna mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 damai dan berintegritas.

 “Deklarasi pemilu damai merupakan bentuk komitmen seluruh elemen masyarakat dalam menunjukkan kedewasaan berpolitik maupun berdemokrasi pada Pemilu 2024,” kata Kepala Polres (Kapolres) Banggai AKBP Ade Nuramdani saat kegiatan deklarasi pemilu damai di Banggai, Rabu.

 Ia mengatakan deklarasi pemilu damai tahun 2024 dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Banggai.

 Menurut dia, dalam mekanisme pemilihan umum tidak jarang menimbulkan pelanggaran dan gangguan kamtibmas, dan Polri beserta jajaran merupakan lembaga negara yang bertugas untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat selama pemilu berlangsung.

Namun, untuk mewujudkan pemilu yang aman, tertib, damai dan bermartabat tidak semata-mata merupakan tugas kepolisian saja, tapi perlu keikutsertaan dan partisipasi dari berbagai pemangku kepentingan.

“Oleh karena itu, saya berharap dengan adanya deklarasi pemilu damai ini semua pihak peserta pemilu, dan elemen masyarakat dapat memiliki komitmen dalam menjaga situasi yang aman,” kata dia.

Dia juga berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Pesta Demokrasi 2024 mulai dari pemilihan Presiden (Pilpres), pemilihan legislatif (Pileg), dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dapat terlaksana dengan aman, lancar dan sukses.
 

Dalam kegiatan itu dirangkaikan dengan pengucapan deklarasi pemilu damai dan dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi oleh Kapolres Banggai, para ketua partai politik peserta Pemilu, KPU dan Bawaslu Banggai serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Banggai. (ab)