BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Wakili Kapolda Sulteng, Wakapolda Jadi Pemateri dalam Rakor Forkopimda Se-Sulawesi Tengah Tahun 2023

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr Agus Nugroho, SIK, SH, MH yang diwakili Wakapolda Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko, SIK menghadiri sekaligus menjadi pemateri pada Rapat Koordinasi (Rakor) para Bupati, Wali Kota serta Forkopimda Se-Sulawesi Tengah Tahun 2023, Kamis 23/11/2023 pagi, di Hotel Best Western Coco Plus Palu.

Hadir pula dalam acara Rakor tersebut diantaranya Gubenur Sulteng H Rusdy Mastura, Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto, S.IP, M.Han, para Bupati dan Wali Kota se-Sulteng, serta para Forkopimda se-Sulteng.

Adapun maksud dan tujuan Rakor ini yakni guna mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 dan terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban di Sulawesi Tengah.

Sedangkan tujuan Rakor ini untuk memastikan komitmen serta netralitas seluruh unsur baik penyelenggara, pengawas Pemilu, aparat keamanan dan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten maupun Kota guna terlaksananya Pemilu yang aman tertib dan berintegritas tahun 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda Sulteng memaparkan situasi dan kondisi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Sulteng jelang Pemilu 2024.

“Pada intinya, Polda Sulteng bersama jajarannya berkomitmen mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 agar dapat berlangsung secara Aman, Damai dan Sejuk (ADS),” ucap Wakapolda saat memberikan materi.

Sementara itu, Gubernur Sulteng dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan kegiatan Rakor Forkopimda Se-Sulawesi Tengah Tahun 2023 tersebut merupakan upaya Pemerintah Provinsi Sulteng dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban masyarakat guna tercapainya tujuan nasional.

“Oleh karena itu memerlukan perhatian lebih dan upaya-upaya yang menyeluruh, agar daerah Provinsi Sulawesi Tengah dalam meghadapi Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 dapat berjalan lancar, aman dan kondusif,” ujarnya.

Gubernur Sulteng berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan damai tanpa adanya kekacauan dalam masyarakat.

“Saya berharap pemilu 2024 mendatang dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kekacauan akibat isu sara, adanya black campaign atau appun itu yang dapat mengacaukan stabilitas daerah,” harapnya.

Selain itu Gubernur Sulteng juga menekankan agar seluruh Aparatur Negara baik penyelenggara, TNI dan Polri maupun pegawai ASN dan pegawai non PNS agar selalu mengedepankan netralitas dalam rangkaian pelaksanaan pesta demokrasi Tahun 2024, baik menjelang, pelaksanaan, maupun sesudah pesta demokrasi.

“Isu netralitas ASN menjelang Pemilihan Umum menjadi perhatian publik. Seorang ASN dituntut netral dan harus bebas dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak pada kepentingan siapapun,” pungkasnya.(fn)