GeneralLatestNewsPOLRES TOUNA

Jelang Ramadhan, Polres Touna Cek Harga dan Ketersediaan Kebutuhan Pokok di Pasar

TOUNA – Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Polres Tojo Una-Una (Touna) melalui Satintelkam mengecek Perkembangan harga konsumen kebutuhan pokok, barang strategis dan barang penting lainnya di pasar.

Pengecekan ini guna deteksi dan monitoring distribusi, Stok dan harga beberapa kebutuhan Pokok masyarakat serta situasi perekonomian di wilayah Kabupaten Touna.

Kapolres  Touna AKBP Ridwan J. M. Hutahaol, SIK, SH melalui Kasi Humas AKP Triyanto mengatakan, pengecekan ketersediaan sembako dilakukan di Pasar Rakyat Ampana pada Kamis (29/02/2024) kemarin.

“Untuk ketersediaan kebutuhan Pokok masyarakat dirasa masih cukup. Namun untuk harga memang ada beberapa item yang mengalami kenaikan,  seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu,” kata Triyanto, Jumat (1/3/2024).

Triyanto mengungkapkan, bahwa kenaikan ini seperti beras dikarenakan daerah surplus bagi wilayah Kabupaten Touna saat ini belum memasuki musim panen.

“Demikian juga untuk wilayah Kabupaten Touna saat ini belum memasuki musim panen, penyebabnya karena cuaca yang belum menentu akibat dari el-nino,” ungkapnya.

Terkait kenaikan beras tersebut, tambah Kasi Humas, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas terkait yaitu Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

“Hasil koordinasi seperti tahun sebelumnya menjelang bulan suci ramadhan harga bapokting di pasaran memang selalu mengalami kenaikan, namun dalam waktu dekat ini pada bulan Maret rencana Pemerintah Daerah akan melakukan pasar murah,” tambahnya.

“Kami dari pihak kepolisian melakukan pemantauan yakni untuk memberikan kepastian kepada masyarakat, bahwa pemerintah tanpa henti berupaya mencukupi ketersediaan bahan pokok di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. (Humas Res Touna)