BID HUMASSATKER

Polres Parimo Gencar Menghimbau Masyarakat Untuk Menghidupkan Lagi Pos Keamanan Lingkungan

Parigi, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolres Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, AKBP Yudy Arto Wiyono meminta masyarakat untuk tidak panik dan khawatir dengan maraknya isu tentang penculikan anak.

“Alhamdulilah, sampai saat ini belum ada laporan tentang kasus penculikan. Namun, kita tetap waspada terkait hal itu,”ujar Kapolres, Selasa (24/1/2023).

Ia menekankan sebagai bentuk kewaspadaan, Satbinmas Polres Parimo tengah melakukan Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Bahkan, Polres Parimo gencar menghimbau masyarakat untuk menghidupkan lagi Pos Keamanan Lingkungan (Poskamping), dalam beberapa pertemuan seperti Jum’at Curhat.

Tujuannya, untuk ikut berpartisipasi menjaga keamanan lingkungan di wilayah masing-masing, dan mencegah beberapa aksi kriminalitas yang meresahkan masyarakat.

“Begitu juga dengan Bhabinkamtibmas, telah kami instruksikan untuk melakukan Binluh kepada masyarakat saat melakukan kunjungan ke desa-desa,” tambahnya.

Menurtnya, sebagai bentuk pencegahan serta antisipasi atas isu penculikan anak tersebut, orang tua harus meningkatkan pengawasan terhadap anak.

Kemudian, mulai mengajarkan anak untuk tidak memenuhi ajak orang asing atau yang tidak dikenal dengan iming-imingan barang tertentu.

“Harapan kami, masyarakat harus peduli terhadap apapun di sekitarnya agar terhindar dari hal-hal yang meresahkan,”lanjutnya.

Diketahui, isu tentang penculikan anak beredar luas hampir diberbagai platfom Media Sosial (Medsos). Informasi yang disertai gambar, video dari pengakuan sejumlah warga dibeberapa wilayah di Indonesia tersebut, membuat orang tua menjadi resah. (ab)