BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kapolda Sulteng Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Dua Anggota Polri Gugur Dalam Tugas

Tribratanews, Palu – Rasa haru dan bangga ditunjukan dua warakawuri di lingkungan Polda Sulawesi Tengah, karena hari ini keduanya dikunjungi oleh Kapolda Sulteng Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho, SIK, SH, MH bersama istri Fera Agus Nugroho yang juga Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulteng, Kamis 22 Juni 2023.

Momen Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023 ini dimanfaatkan pucuk pimpinan Polda Sulteng itu untuk bersilaturahmi dan sekaligus menyerahkan santunan kematian kepada anggota Polri yang gugur dalam pelaksanaan tugas.

Mereka yang dikunjungi adalah istri almarhum Bripka Muh. Ilham Rakhman di komplek BTN Pengawu Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, dan istri dari almarhum Bripka Wahyu Saputra di perumahan Bukit Taman Regency Tanamodindi, Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Bertemu rombongan Kapolda Sulteng, baik Jumarny (istri almarhum Bripka Muh. Ilham Rakhman) maupun Isma Yuliawati Saputra ( istri almarhum Bripka Wahyu Saputra ) dilokasi berbeda, merasa terharu sambil menceritakan sekitar kehidupan keseharian bersama putra-putrinya di depan Kapolda, dia berharap diberikan kekuatan dan kemampuan oleh Allah SWT untuk medidik ketiga anaknya.

“Sebagai mahluk ciptaanNYA tentukan segala sesautu yang terjadi di kehidupan kita sudah ditentukan oleh Allah SWT,” ungkap Irjen Agus Nugroho saat menasehati kedua istri anggota Polda Sulteng yang gugur dalam tugas itu.

“Semuanya kita pasti akan menjalani, kita akan kembali kepada NYA, sabar dan ihklas adalah adalah kuncinya,” ungkapnya.

“Saya beserta seluruh jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah turut berduka atas musibah yang terjadi sekaligus saya juga berbangga atas tugas dan pengabdian yang telah almarhum berikan kepada Negara, Bangsa dan Kepolisian,” ungkap Kapolda Sulteng.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Sulteng Irjen Pol Dr. Agus Nugroho,S.H.M.H menyerahkan santunan dari Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI) kepada ahli waris, masing-masing sebesar Rp 434 Juta kepada istri almarhum Bripka Muh. Ilham Rakhman dan santunan sebesar Rp 320 Juta kepada istri almarhum Bripka Wahyu Saputra.

Penyerahan santunan oleh kapolda Sulteng turut didampingi Nyonya Fera Agus Nugroho, Karo SDM Polda Sulteng Kombes Pol. Yudi Kurniawan dan Dansat Brimob Polda Sulteng Kombes Pol. Mokhamad Alfian Hidayat.

Untuk diketahui Bripka Muh. Ilham Rakhman saat itu adalah personil Polres Bangkep yang mendapatkan tugas pengawalan pribadi calon Bupati Banggai Kepulauan tanggal 2 November 2020 lalu, dimana speed boad yang ditumpangi terbalik dan jasad almarhum sampai saat ini tidak ditemukan. Almarhum Bripka Muh. Ilham Rakhman meninggalkan 1 istri dan tiga anak yang masing-masing saat ini berusia 12 tahun dan sikembar yang berusia 7 tahun.

Sementara itu Almarhum Bripka Wahyu Saputra dinyatakan gugur saat menjalankan tugas Operasi Tinombala 2016 di Kabupaten Poso, almarhum ditembak kelompok bersejata di Desa Sanginora, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso. Almarhum meninggalkan 1 istri dan dua orang anak yang saat ini berusia 12 tahun dan 9 tahun. (fn)