POLRES TOUNA

Satu Unit Sepeda Motor Terbakar Akibat Pembersihan Lahan Warga

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Satu unit sepeda motor terbakar akibat api yang berasal dari aktivitas pembersihan lahan oleh warga Desa Mire, Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Tojo Una Una, Selasa (26/09/23) kemarin.

Kapolsek Ulubongka Iptu Agus Habibie membenarkan insiden yang menjadi perhatian serius bagi masyarakat sekitar.

Kejadian yang cukup merugikan terjadi di wilayah Desa Mire kecamatan Ulubongka kabupaten Touna, kata Iptu Agus Habibie di Polres Touna, Rabu (27/09/23) usai mengikuti Acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kapolsek mengungkapkan berdasarkan informasi Bhabinkamtibmas Desa Mire Bripka Ardianzah dari laporan saksi mata, kebakaran tersebut dipicu oleh penggunaan api terbuka dalam usaha pembersihan lahan.

“Cuaca kering dan angin kencang pada saat itu menyebabkan api dengan cepat menyebar ke sepeda motor yang parkir di dekatnya,” ungkapnya.

Kapolsek mengatakan upaya awal untuk memadamkan api dengan cepat dilakukan oleh warga sekitar, namun sayangnya sepeda motor tersebut mengalami kerusakan yang serius.

“Meskipun kerugian hanya terbatas pada satu unit sepeda motor, kejadian ini tetap menjadi pelajaran berharga tentang pentingnya kehati-hatian dalam aktivitas pembersihan lahan, terutama saat cuaca sangat kering,” ujarnya.

Untuk itu, Kapolsek mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati saat menggunakan api terbuka dalam aktivitas sehari-hari, terutama di musim kering.

“Pastikan untuk memiliki peralatan pemadam kebakaran yang siap digunakan dan berkoordinasi dengan pihak berwenang jika memerlukan izin atau informasi tambahan terkait keamanan dalam melakukan aktivitas seperti ini,” pesannya.

“Kami tidak melarang membuka lahan ataupun membersihkan lahan namun tidak dengan cara membakar, Keamanan dan pencegahan kebakaran harus selalu menjadi prioritas utama kita,” tutup Kapolsek.*Humas*