BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Wakapolda Sulteng Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr Agus Nugroho, SIK, SH, MH yang diwakili Wakapolda Sulteng Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko, SIK menghadiri sekaligus menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam kegiatan Upacara Hari Pahlawan Ke-78 Tahun 2023, Jumat 10/11/2023 pagi, didepan Mapolda.

Turut hadir dalam upacara tersebut diantaranya para Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng, para Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama dilingkungan Polda Sulteng.

Bertindak sebagai Komandan Upacara yakni AKBP Ridwan, SH selaku Kabag Binopsnal Polairud Polda Sulteng, pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh AKBP Wawan Sunarwirawan, SIP, MT selaku Wadir Binmas dan pembacaan pesan-pesan Pahlawan oleh AKBP Sirajudin Ramli selaku Wadir Polair.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda Sulteng membacakan amanat Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI) Ibu Tri Rismaharini.

Dalam amanatnya, di hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan Dan Kebodohan”.

Lanjut Mensos RI, tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

“Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” ucapnya.

Masih kata Mensos RI, inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam juga potensi penduduk indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara.

“Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” tuturnya.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera. Selamat hari pahlawan tahun 2023, marilah kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” pungkasnya.(fn)