LatestNewsPOLRES BANGGAI

Warga Mantoh Banggai Bakar Ban di Jalan, TNI-Polri Turun TKP

Banggai – Sekelompok warga melakukan pembakaran ban bekas dijalan Desa Sobol Baru Kecamatan Mantoh, Banggai, Kamis (9/11/2023) pukul 13.30 Wita.

Aksi blokade jalan itu berhasil ditangani oleh personel TNI-Polri dari Polsek dan Koramil Lamala. Sehingga tidak berdampak luas terhadap ketertiban umum wilayah itu.

Kapolsek Lamala AKP Muh. Zulfikar, SH mengatakan penyebab pembakaran ban dijalan desa tersebut karena adanya pengerusakan pintu TK PAUD Desa Sobol Baru oleh saudara HG.

“Jadi masyarakat lakukan protes didepan rumah saudara HG,” katanya.

Lanjut Kapolsek, HG melakukan pengerusakan sebagai bentuk kekecewaan yang mana tanah atas pembangunan TK PAUD tersebut diclaim milik orang tuanya.

“HG dan pihak Pemdes saling claim atas tanah tersebut. Akan tetapi keduanya tidak memiliki SHM yang sah atau sertifikat. HG miliki bukti pembayaran pajak, sedangkan Pemdes tidak memiliki dokumen apapun,” terangnya.

Mendapat informasi tersebut, petugas kemudian mendatangi TKP dan selanjutnya memberikan pemahaman dan pengertian kepada warga untuk tidak menghalangi fasilitas umum.

“Akhirnya pukul 14.30 Wita, api dipadamkan dan jalan dibuka kembali. Kiranya akar persoalan dapat diselesaikan dengan baik, tidak terulang lagi,” pungkas AKP Zulfikar.*Humas Polres Banggai