BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Wakapolresta Palu Hadiri Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional Zona V Tahun 2022

Palu, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi diwakili Wakapolresta Palu, AKBP Andi Batara Purwacaraka menghadiri kejuaraan multi event Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra POPNAS) Zona V Tahun 2022 di Provinsi Sulteng, Selasa (08/11/2022) pagi, di Gelora Bumi Kaktus, Mantikulore, Kota Palu.

Dalam acara tersebut dihadiri Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura, Asdep Pembibitan dan Iptek Olah Raga Kementrian Pemuda dan Olahraga, dr. Bayu Rahadian, SPKJ, unsur Forkopimda Provinsi Sulteng dan para Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi yang tergabung pada Zona V pelaksanaan Pra Popnas, pelajar nasional.

Selain itu juga dihadiri dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng, Drs. Irfan Aryanto, M,Si serta para peserta dari Provinsi Gorontalo, Sulut, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pra Popnas dilaksanakan di Kota Palu itu berdasarkan surat Kementrian Pemuda dan Olah Raga RI Nomor .RO .00.01/12.24.1/D.IV – 2 /XII / 2021 Tanggal 24 Desember 2021 tentang penunjukan tuan rumah penyelegaraan Pra Pekan Olah Raga Pelajar Nasional Tahun 2022.

“Adapun tujuan pelaksanaan Pra Popnas adalah sarana evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar di wilayah Zona V, selanjutnya sebagai babak kualifikasi 8 cabang olahraga untuk mengikuti Popnas XVI tahun 2023 dan sebagai ajang untuk memupuk, memelihara dan mempererat persatuan dan kesatuan provinsi yang berada di Zona V,” ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan tagline Pra Popnas Pelajar Nasional Zona V yakni “Berprestasi Untuk Negeri” dan maskot Pra Popnas yang berasal dari satwa khas Sulawesi spesies Burung Maleo dengan nama maskot “Mangge Leo”.

Sementara itu, Gubernur Sulteng menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan Pra Popnas Pelajar Nasional Zona V yang dipercayakan dilaksanakan di Sulawesi Tengah.

Gubernur juga menyampaikan semua atlet harus bertanding dengan menjunjung sportifitas dan terus berlatih untuk mengasah kemampuan untuk lebih baik dan lebih baik.

“Sulteng pada PON Papua sudah menorehkan prestasi yang membanggakan dengan meraih 12 medali, dan pada PON selanjutnya Sulteng ditargetkan akan memperoleh 10 medali emas,” ujarnya.

Gubernur mengharapkan agar seluruh atlet wilayah timur Indonesia harus berprestasi dan mengukir prestasi di seluruh ajang pertandingan.

“Sulawesi Tengah akan berjuang terus untuk ikut biding sebagai tuan penyelenggara PON, selamat bertanding dan meraih prestasi untuk kebanggan daerah,” pungkasnya.(fn)