POLRES BANGGAI

Ledakan Tabung Gas di KLM Permata Nusantara 4, Begini Penjelasan Kasi Humas Polres Banggai

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Terjadi ledakan tabung gas di Kapal KLM. Permata Nusantara 4 di Area Pelabuhan Ferry, Kelurahan Karaton, Luwuk, Jumat (28/7/2023) sekitar pukul 21.00 Wita.

Kapal motor tersebut diketahui bermuatan sembako dan bahan bangunan berupa semen dan besi dengan tujuan Taliabu, Maluku Utara.

Kasi Humas Polres Banggai, Iptu AL Amin S. Muda mengatakan, saat kejadian kondisi kapal kosong. ABK dan pemilik Kapal yakni La Jami tidak berada dilokasi kejadian.

“Akibat dari ledakan tersebut menyebabkan kapal miring dan tenggelam setengah disebelah kanan. Untuk kerugian diperkirakan sekira Rp 200 juta. Kalau dihitung isi kapal dan harga kapalnya,” ujar Iptu Amin.

Dikatakannya, kapal KLM Permata Nusantara 4 tersebut rencananya akan berangkat menuju Pulau Taliabu malam itu juga. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Berdasarkan keterangan saksi, lanjut Kasi Humas, saat itu saksi sedang duduk disekitar TKP. Tak berselang lama, tiba-tiba terdengar suara ledakan dan melihat tabung gas ukuran 12 Kg terlempar dari dalam Kapal tersebut.

Saat itu beberapa warga membantu mengevakuasi barang yang ada di kapal. “kemudian menghubungi polisi,” katanya. “Setelah meledak, kapal itu perlahan miring dan tenggelam sebagian,” imbuhnya.

Kasi Humas mengaku tidak mengetahui apa penyebab ledakan tabung gas tersebut. Karena masih dalam penyelidikan petugas.*Humas Polres Banggai